gtag('config', 'G-79B5EEGJ1S');

RoswitaPL.com: Resep Bunda Haura : Sup Makaroni Tomat Telur

Sabtu, 26 Maret 2022

Resep Bunda Haura : Sup Makaroni Tomat Telur

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hola moms... Jadi tadi malem itu aku agak kurang enak badan. Kayaknya lagi masuk angin. Biasanya pulang kantor pengennya makan bubur kalo lagi ga enak badan. Tapi karena semalem itu hujan, jadi gak bisa mesen makanan via ojek online. Hmm.. nengok kulkas, masih ada tomat yang gemoy-gemoy merah merona. Stok telur juga baru diisi untuk persediaan minggu ini. Akhirnya fix malam ini mau berkreasi menggunakan 3 bahan! Tomat, Telur, dan Makaroni! Mau tau cara bikinnya? Yuk ikutin terus resep bunda Haura hari ini ya moms 😉. Sebelumnya yuk kita bahas bahan primadona kali ini, Tomat!


 
sup makaroni tomat telur,resep bunda haura

Kandungan Gizi Dalam Tomat.

Disadur dari website Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yoyakarta, tomat merupakan tumbuhan yang pertama kali ditemukan di Amerika Selatan, masih berkerabat dengan terung, kentang dan paprika.Tomat termasuk buah karena strukturnya mempunyai daging dan  biji yang aman apabila tertelan. Namun  hingga kini masih banyak yang menganggap tomat sebagai sayuran, karena salah satu fungsinya sebagai penyedap dalam masakan.
 
Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels: https://www.pexels.com/photo/red-tomatoes-on-white-textile-5377365/
Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels: https://www.pexels.com/photo/red-tomatoes-on-white-textile-5377365/Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels: https://www.pexels.com/photo/red-tomatoes-on-white-textile-5377365/Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels: https://www.pexels.com/photo/red-tomatoes-on-white-textile-5377365/Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels: https://www.pexels.com/photo/red-tomatoes-on-white-textile-5377365/Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels: https://www.pexels.com/photo/red-tomatoes-on-white-textile-5377365/
 
Tomat merupakan buah yang memiliki warna merah yang khas, menarik serta kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin C. Maka tidak salah kalau tomat sangat bermanfaat menjaga sistem imun tubuh. Berikut adalah nutrition fact atau kandungan nutrisi dari 100 gram tomat :

nutrition fact tomat
Source : Google.com

 

Manfaat Dari Mengkonsumsi Buah Tomat

  1. 100 gram tomat memenuhi 20 persen kebutuhan vitamin C sehari. 100 gram tomat juga menyumbang kan sekitar 10 hingga 20 persen kebutuhan vitamin A sehari. Kombinasi vitamin A dan C ini adalah sumber antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.
  2. Kombinasi vitamin A dan C dalam tomat berguna untuk memelihara kesehatan gigi dan gusi, mempercepat sembuhnya luka, mencegah perdarahan pembuluh darah halus, menjaga orga penglihatan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan reproduksi.
  3. Ada tiga kandungan penting dalam tomat ; beta karoten, likopen, enzim fitoena, dan fitofluena. Ketika enzim tersebut berfungsi sebagai antioksidan tinggi untuk mengikat radikal bebas, tabir surya alami tubuh , dan mengurangi risiko penyakit degeneratif.
  4. Tomat yang sudah diolah dalam bentuk jus atau dimasak lebih bermanfaat bagi tubuh ketimbang dimakan mentah. Jumlah likopen dalam bentuk jus tomat bisa mencapai lima kali lebih banyak daripada tomat segar. 
  5. Kandungan likopen dalam tomat dapat membantu menurunkan risiko stroke dan serangan jantung, dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein).
  6. Selain itu, likopen juga merupakan antioksidan yang dapat melawan inflamasi dan kerusakan jaringan tubuh akibat radikal bebas. Dengan demikian, sel epitel pembuluh darah dapat dilindungi dari kerusakan yang dapat menimbulkan penggumpalan darah.
  7. Telah banyak pula penelitian yang menemukan bahwa konsumsi tomat dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker lambung. Likopen disebut-sebut punya andil besar pada manfaat tersebut. Selain itu, dengan tingginya vitamin C dan likopen, kesehatan kulit pun bisa terjaga.
 
 
Jadi ternyata buah tomat banyak manfaatnya ya moms. Kalau aku paling suka versi dimasak sih daripada di makan mentah. Atau dijadiin sambel, wuihhh mantul moms! 😍 Dan berikut resep Sup Makaroni Tomat Telur ala Bunda Haura. Porsi ini bisa untuk 1-2 orang ya. Kemaren walau ga enak badan tapi alhamdulillah nafsu makan langsung muncul abis masak resep ini. Aku pakai makaroni sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi.

 
Sup Makaroni Tomat Telur

 



Bahan-bahan :

- Makaroni secukupnya (aku 3 sdm)
- Tomat 1 buah
- Telur 1 buah
- Air secukupnya
- Bawang Putih 2 siung
- Bawang Merah 1 siung
- Daun Bawang
- Kol diiris memanjang(optional) 
- Kaldu jamur
- Garam
- Merica
- Pala bubuk
- Saus Tiram
- Minyak Wijen
- Kecap Manis
- Kecap Asin
- Minyak Goreng 

Cara Memasak :

- Pertama, cincang halus bawang putih dan bawang merah. Lalu tumis dengan minyak goreng hingga harum.
- Orak arik telur. Setelah matang masukkan tomat ,tumis sebentar. Tambahkan air secukupnya.
- Setelah air mendidih. Masukkan daun bawang yang sudah di iris halus, kol, dan makaroni.
- Tambahkan bumbu secukupnya. Kaldu jamur, garam , merica, pala bubuk (aku pake sejumput), saus tiram, minyak wijen, kecap manis, kecap asin.
- Koreksi rasa.
- Rebus hingga tomat menyatu dengan kuah dan makaroni sudah matang.
- Sup siap di sajikan hangat-hangat.

Sup siap dihidangkan selagi hangat.
Sup siap dihidangkan selagi hangat.

Sekian resep ini, aku tambahkan kol untuk nambahin sayuran di dalamnya. Soalnya tekstur kol yang sudah di rebus itu lembut dan manis rasanya pas sama sup ini. Rasa supnya gurih, asem, manis, seger pokoknya.Dan masih bisa di tambahin bahan lainnya seperti potongan daginng ayam atau sosis. Kira-kira enaknya ditambahin apalagi ya moms? Coba tulis di kolom komentar ya😆. Jangan lupa di coba ya. 😉

Referensi
https://www.dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/tomat-buah-sehat-kaya-manfaat-tomat-buah-sehat-kaya-manfaat
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3634701/kandungan-gizi-tomat-yang-bisa-anda-nikmati


17 komentar :

  1. wah rasanya lengkap banget ini, tadinya kukira dominan asam segar karena ada tomatnya. eh ternyata ada kolnya yang memunculkan rasa manis. hmmm ... bisa nih masuk list menu romadon nanti, terima kasih, mbak

    BalasHapus
  2. Wah, aku langsung nelen ludah begitu melihat foto sup makaroni tomat telur ala mbak Ros ini :) Cocok banget dinikmati saat turun hujan deras. Buat sarapan oke, makan siang mantap, apalagi makan malam endeuus. Bahan2nya mudah didapat dan terjangkau juga harganya. Tinggal masuk2in aja bahan2nya. Ladanya aku suka tambahin lagi biar makin hangat di tenggorokan dan perut hihihihi :)

    BalasHapus
  3. Segerrr...mau dooong. Terus ditambah seledri, makin kaya aromanya. Disantap pedas hangat maknyuuussss hihihi. Makasih resepnya Bunda Haura. Coba bikin aaaah.

    BalasHapus
  4. Ini seger banget buat sahur dehh kayanya. Aku suka bikin sup telur ala-ala, tapi tanpa makaroni. Boleh nih ide dari mba Roswita aku coba ^^

    BalasHapus
  5. wah bisa dicoba nih aku suka banget makaroniiii hihi
    cocoklah buat menu buka puasa 😁

    BalasHapus
  6. Enak dimakan pas hujan-hujan apalagi buat sarapan. Jadi pengen nyoba, izin bookmark dulu. 🥰

    BalasHapus
  7. Enak banget ini... Dimakan pas lagi hujan mantap banget dah

    BalasHapus
  8. waah aku suka bikin orak arik tomat telur tapi ngga pernah bikin sup seperti ini, kayanya enak juga ya tinggal nambahin makaroni dan beberapa bumbu tambahan. gampang pula bikinnya. makasih sharingnya mba

    BalasHapus
  9. wah izin save resepnya kak, di rumah ada suka bikin makaroni ini, kayaknya enak banget ya, bis abuat nanti buat bukaan

    BalasHapus
  10. Masya Allah, ternyata tomat memiliki banyak manfaat ya Kak.

    Belum lagi semua bahan yang ada mudah ditemukan dan kelihatannya sedap. Teddy juga termasuk yang masih menganggap tomat tergolong ke dalam sayur Kak.

    Terima Kasih ya Kak.

    BalasHapus
  11. Mumpung di bulan suci nih, punya banyak waktu untuk kreasi makanan.
    Makasih ya bun telah berbagi, enak ini untuk hidangan setelah tarawih

    BalasHapus
  12. Menggiurkan sekali ya, makaroni tuh pasta kesukaan anak-anak ternyata lezat juga ya dipadukan tomat, dan lebih sehat juga..

    BalasHapus
  13. Kenapa akuu ngeces banget lihat makanannya kwkwkw, bisa nih jadi menu santap sahur. Mau cobain ahh ntar kapan2

    BalasHapus
  14. Menggoda iman nih resepnya, gampang juga, dan anti ribet. Bisa buat buka puasa nanti hehe

    BalasHapus
  15. Wah sop nya pakai tomat kayak gini pasti seger rasanya ya. Bikin makan bisa nambah deh hehee

    BalasHapus
  16. wah enak tuh kalau dimakan pas hujan, seger dan anget kalau hangat

    BalasHapus
  17. Waaah resepnya bener bener menggugah selera mbak, semoga nanti bisa berkesempatan mencoba resepnya 🥰🥰

    BalasHapus

Yuk Diskusi Disini...^^

Back to Top