gtag('config', 'G-79B5EEGJ1S');

RoswitaPL.com: Serunya Panen Sayur, Dan 6 Manfaat Main Di Alam Bagi Anak

Senin, 21 Maret 2022

Serunya Panen Sayur, Dan 6 Manfaat Main Di Alam Bagi Anak


 

serunya panen sayur dan manfaat main di alam bagi anak

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Halo moms..Kemana nih weekend kemarin? Minggu kemarin Haura beserta Ayah dan Bunda datang silaturahim ke daerah Ciampea Bogor. Tepatnya ke rumah adik dari Neneknya Haura (Nenek dari ayahnya Haura). Karena ada acara silaturahim sebelum puasa, datanglah kita kesana. Ternyata di rumah neneknya ini di sebelahnya kebun dan sawah. Haura excited banget pas sampe langsung berubah jadi "Haura The Explorer". Mulai dari jalan-jalan keliling kampung ngeliatin orang lagi ngebajak sawah dan ada yang lagi mupuk. Terus jalan-jalan keliling kebun, kalau cape ngadem di mushola di sebelah rumah neneknya. Dan kita juga akan bahas manfaat main di alam bagi anak. Karena selain menyenangkan ternyata ada manfaatnya juga main di alam loh! 

Awalnya begitu sampai di tempat Haura masih jetlag. Mau saliman tapi belum mau menjawab pertanyaan orang-orang sekitar. Dan seperti dugaan, jam makan siang, Haura gak mau makan. Cuma makan sedikit sambil berbisik "Bunda aku mau makan di tempat lain". Oke untuk hal ini aku seneng Haura mau ungkapin apa yang dia mau. Dan aku rayu untuk makan bakso kesukaannya, namun sepertinya memang moodnya maunya main akhirnya cuma sedikit makan siang dia saat itu. Padahal makanannya enak-anak moms. Apalagi sayur asem sama ikan terinya!JUARA! 😍

Milihin Cabai bareng Umi.
Milihin Cabai bareng Umi.
 

Haura ini memang kalau lagi jalan suka agak drama soal makan, seringnya aku dan suami akalin dengan suapin Haura makan di perjalanan. Karena kalau makan di mobil dia bakal makan lahap. Kalau udah sampe tempat tujuan bawaannya main terus. Bener aja, abis makan ayah bundanya langsung NON STOP diajak jadi explorer. Lumayan lah ya mom bakar kalori hehehe.. Alhamdulillah gak butuh waktu lama Haura langsung bonding sama Neneknya yang biasa di panggilnya Umi. Haura langsung lengket sama Umi dan Abahnya. Ngikut  Umi dan Abah kemana-mana, keliling kebun untuk panen cabai, buah jambu, dan pepaya. Main sama ayam dan ngejar kucing. Dan yang paling epik, ngumpulin daun dan bunga. Haura kalau diajak ke alam pasti seneng banget koleksi daun, gak tau kenapa. Makanya bundanya suka bawa plastik klip, karena untuk wadah "koleksi ajaib" Haura.

Tahu gak sih moms? Ternyata main di alam selain menyenangkan juga bermanfaat loh. Berikut ada 6 manfaat main di alam bagi anak yang aku rangkum dari beberapa sumber.

 1. Membangun Kepercayaan diri

Saat bermain di alam bebas , anak akan belajar untuk berinteraksi dengan alam bebas. Anak belajar melatih keseimbangan berjalan menyusuri sawah, mengenai jenis buah dan tanaman, dan hal lainnya. Dan juga anak bisa mempelajari banyak hal tentang bagaimana mengontrol diri saat berada jauh di rumah.

 

Seneng banget Haura mendapat pengalaman baru
Seneng banget Haura mendapat pengalaman baru

2. Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi

Mengajak anak untuk bermain di luar rumah dapat membuat anak berpikir lebih bebas. Karena alam  mengajarkan untuk mendorong anak berani berimajinasi tanpa harus takut batas apapun. Mungkin karena itu juga Haura lebih banyak menanyakan banyak hal kalau di alam. "Itu apa namanya bunda?" "Itu kok ada disitu?" Dan pertanyaan seru lainnya.


3. Mengajarkan Tanggung Jawab

Dokter anak di Boston Children's Hospital, Claire McCarthy, MD, menjelaskan bahwa anak perlu mengambil risiko. Hal ini dilakukan untuk mengajarkan anak bertanggung jawab atas pilihan yang telah mereka pilih. Misal mereka mau main air, ya mereka harus tau kalau baju mereka akan basah nantinya.

“Ya, anak bisa terluka kalau terjatuh, mereka juga mungkin merasa malu saat mencoba berteman dengan anak lain. Tapi bukan berarti mereka tidak mencobanya, pelajaran dari kegagalan tersebut sangat penting bagi perkembangan mereka,” jelas dr. Claire.

 

4. Memberikan Stimulasi Positif Pada Anak

Ada begitu banyak stimulasi yang bisa didapat saat anak bermain di alam bebas. Anak bisa melihat berbagai pemandangan, mendengar berbagai jenis suara, mencium aneka aroma, serta menyentuh dan merasakan bermacam tekstur. Mengajak Haura main di luar rumah,sangat efektif membuat Haura lupa pada gadget. Karena haura menjadi asik dengan hal lain yang baru dirasakannya saat dia diluar rumah.


5. Merangsang Anak Untuk Bergerak 

Berinteraksi dengan alam melibatkan lebih banyak aktivitas fisik daripada sekadar duduk di sofa sambil bermain game. Aktivitas fisik sendiri tak hanya baik untuk kebugaran tubuh, tapi juga membuat anak menjadi lebih fokus. “Anak harus aktif setidaknya selama 1 jam setiap hari dan mereka bisa melakukannya dengan cara bermain di luar,” kata dr. Claire.

 

6. Mengurangi Stress

Membiarkan anak bermain di alam liar dan terpapar sinar matahari pagi ampuh untuk mengurangi stress. Selain itu, anak akan tidur lebih nyenyak dan tidak mudah jatuh sakit. 


Ternyata banyak ya manfaat main di alam bebas bersama anak. Selain seru juga bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Jadi gimana moms? Udah rencanain weekend selanjutnya mau bawa si kecil kemana? Yuk kita main ke alam, tapi jangan lupa protokol kesehatannya ya moms. Semoga kita semua sehat selalu ya

 

 



 


 

 

 

 

 

 

Referensi

https://id.theasianparent.com/main-outdoor

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-anak-bermain-di-alam-bebas/


21 komentar :

  1. Wah, Haura senang sekali ya diajak memanen sayur di kebun sang nenek di Ciampea Bogor 😍😍 Melihat pemandangan asri dan alami kayak gini jarang2 kan yach hehehe. Banyak manfaatnya tentu. Anak diajarkan tanggung jawab, melatih kepercayaan diri, keterampilan dll. Tante ikutan dong kapan2 😁😁

    BalasHapus
  2. Seneng banget yaa Haura main di alam. Kapan2 main bareng yuk sama Fatih. Fatih juga seneng banget kalau diajak ke hutan.
    Seru banget emang yaa eksplor apa yang ada di alam, anak2 juga jadi punya rasa percaya diri, belajar tanggung jawab juga, dan degan banyak gerak otomatis akan lebih sehat juga.

    BalasHapus
  3. masyaAllah nyenengin banget ya mbaa, sukaa <3 hihi, cita2 banget punya lahan yang bisa dimanfaatkan untuk tanaman ginii, refreshing juga

    BalasHapus
  4. Wah bogor, emang hawanya cocok buat tanaman. Sama kaya di Batu kalau di Malang. Hehehe..
    Kalau anak diajak main ke alam, juga bagus buat mengasah kemampuan bertahan hidup (ala-ala jejak petualang) 😁

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah dapat ilmu baru lagi, banyak juga ya Kak manfaat main di alam bebas bagi anak.

    Mungkin kalau nanti saya punya anak kelak akan saya ajak sering-sering main di alam bebas agar tidak kecanduan gadget.

    Semoga Haura jadi anak yang Sholeha dan sehat selalu.

    Terima Kasih Kak.

    BalasHapus
  6. seru banget ya kayaknyaaaa
    aku juga berencana pengen punya kebun jadi kalo mau masak sayuran bisa petik sendiri hihi 😁

    BalasHapus
  7. Rumah saya di Sukabumi adalah rumah dengan gambaran yang dekat dengan alam, karena masih di kelilingi hamparan sawah, perkebunan sayur mayur, juga pohon-pohon rindang, dan bener banget kalau bahwa menyatu dengan alam itu bisa banget mengurangi stress

    BalasHapus
  8. Herijo said: jadi inget masa kecil saya yang juga bermain di pematang sawah bersama teman di pinggiran Ibukota, dan momen itu tidak tergantikan.

    BalasHapus
  9. Wah anak-anak mah suka banget kalo eksplorasi di alam gini. Apalagi bisa panen sayur, pasti happy. Semoga tua nanti bisa berkebun dan panen hasil kebun sendiri ahh.

    BalasHapus
  10. Alam itu indah, dan memang bermain di alam jadi healing terbaik, tidak hanya baik anak-anak tapi juga yang sudah dewasa.

    BalasHapus
  11. Emang seru main keluar gini sesekali ua. Jadi refreshing gitu, ga selalu gadget. Dan manfaatnya juga nggak main-main, apalagi untuk anak.

    BalasHapus
  12. Haura penunggangan nih ceritanya... Seru banget piknik ke alam gini ya, Mbak. Anak yg sering main ke alam jg jd lebih kebal^^

    BalasHapus
  13. Bener sih, selain bisa mengurangi stres emaknya bisa mengurangi stres anaknya juga. Penting banget aktivitas main di alam untuk menyalurkan energi anak-anak. Biar ga main gadget mulu huhu.

    BalasHapus
  14. Memang menyenangkan sih panen sayur seperti ini. Lihat tanaman segar dan hijau bisa ngilangin stress ya

    BalasHapus
  15. Aiiih serunya, anak2ku juga udah berencana pengen pulkam mba, tujuannya ya sama kaya Haura the Explorer hihihi

    BalasHapus
  16. Sama kayak anakku kak, kalo lagi main ke taman atau alam, suka eksplor sampe berjam-jam.

    BalasHapus
  17. Seru banget memang ajak anak-anak berpiknik di alam bebas, rasanya kayak lepas kerangkeng setelah sekian lama di rumah saja hehe.. sekarang jarang sawah dan ladang untuk main ya..

    BalasHapus
  18. Sejak pandemi,saya jg lbh suka ajak anak2 wisata outdoor. Selain mengasah kreativitas juga anak2 diajarkan mensyukuri nikmat Allah atas alam yg indah ini...😊

    BalasHapus
  19. Wah seru ya mba punya kebun sayur, bisa panen dan buat dek Haura pasti juga seru...

    BalasHapus
  20. senengnya Hauraa jalan-jalaan! panas ga Mba di sana?

    betul juga yaa, kalo anak kecil sering di bawa main ke alam bisa ngelatih kepercayaan diri mereka sejak diniii

    BalasHapus
  21. Salam buat Haura ya! Bisa barengan nih main ke alam sama bungsu saya, Rakai. Kami juga pencinta alam, suka ngeluyur ke tempat-tempat terbuka. Dan memang benar ada banyak manfaat seperti yang Mbak Roswita tuturkan itu. Salam akrab deh

    BalasHapus

Yuk Diskusi Disini...^^

Back to Top