RoswitaPL.com: Berburu Tanaman Hias di Kota Bogor

Minggu, 08 November 2020

Berburu Tanaman Hias di Kota Bogor

 Assalamu'alaikum Wr Wb.

Hola..... 

Bonjour... 

Hy.... 

Halo Moms tersayang. Hehehe, ga kerasa udah satu tahun blog ini harus vacuum karena ke "sok sibukan" aku sebagai Mahmud Abas (Mamah Muda Anak Baru Satu Gitu Loh!). Dan akhirnya kalau moms perhatiin aku baru pindahan loh... Yeay... dari roswitapl.id ke roswitapl.com . Kenapa harus pindah? Banyak pertimbangan , insyaAllah nanti akan aku bahas di tema tersendiri.

Sekarang sebagaimana judulnya , hari ini aku akan berbagi pengalaman aku berburu tanaman hias. Pasti moms udah ga asing kan sama istilah "Aglonema lipstik" , "Keladi Army", "Keladi Wayang", atau yang namanya agak nyeleneh "Janda Bolong". Nah kalau moms tau TOSS! Artinya kita satu hobby nih, berkebun dan penikmat tanaman hias. Emang paling enak banget apalagi lagi WFH (Work From Home) gini sambil kerja, atau pas lagi istirahat kerja liat yang hijau-hijau segerrrr rasanya. Apalagi pas ujan, rasanya syahdu banget liatin taman tuh, iya kan??

Nah, sebenernya berkebun bukan hobby aku, aku cuma penikmat aja . Yang seneng mah dirumah itu Ibunda Ratu, alias mamahku. Dari sebelum zaman tanaman hias hits, beliau memang hobby banget ngumpulin dan ngerawatan tanaman, jadinya dikomplek rumah taman mamah termasuk yang rame sama tanaman warna warni. Sampe ada tetangga yang kalau lewat ngomong "Main yuk ke taman bunga Bu Asyhari.". Adapun anak perempuannya yang pemalas ini paling banter pelihara tanaman kaktus. SIMPEL. Ga usah sering di siram, taro gitu aja, ga gampang mati. Tapi....tapi kemaren pas anter mamah beli tanaman hias ke daerah Parung, suami tiba-tiba nawarin "Kamu mau ga?". Ya, karena ditawarin kan ga baik ya ditolak toh moms, aku milihlah dan pilihanku jatuh pada....


"Si Kribo", tanaman hias pertamanya Bunda Haura.
"Si Kribo", tanaman hias pertamanya Bunda Haura.

Alasannya kenapa milih ini?  Karena warnanya lucu ada ungunya trus yang paling pentig harganya cuma 25ribu (Aku suka sama tanaman.  Tapi kalau harus ngeluarin  ratusan ribu sampe jutaan untuk tanaman, aku sendiri masih sayang. Tapi.... kalo di kasih mah ga nolak kok hohoho!). Makanya setiap nemenin Ibunda Ratu menjadi kesempatan untuk "cuci mata" menikmati keindahan tanaman yang harganya bisa sampe jutaan ato katanya ada yang ratusan juta loh... Nah selama liburan kemaren jadilah nganter Ibunda Ratu untuk ngelengkapin koleksi tanaman hiasnya. Berikut buat warga Bogor yang bingung cari tanaman hias mungkin beberapa tempat ini bisa jadi referensi ya.

1. Pondok Bitung

 
Dari Foto udah keliatan ya, ini memang istana tanaman.  Luasss banget, dari anakan sampe yang udah jadi ada.  Tinggal kemampuan nawar kalian di uji klo jajan tanaman disini moms
Dari Foto udah keliatan ya, ini memang istana tanaman.
Luasss banget, dari anakan sampe yang udah jadi ada.
Tinggal kemampuan nawar kalian di uji klo jajan tanaman disini moms
.


Aku kurang begitu hapal nama toko/nurserynya, saking banyanya toko /  nursery yang kita datengin di daerah sini. Jadi daerah ini memang katanya cukup terkenal di kalangan pecinta tanaman hias. Karena memang banyak pembudidaya tanaman hias disini. Dari lapak gede, sampe pekarangan rumah warga, banyak yang jual tanaman hias. Menariknya kalian bisa nemuin perbedaan harga yang cukup signifikan dari berbagai lapak tersebut. Mulai dari 5000/tanaman, hingga jutaan juga ada di daerah sini.

 

Pak Bos berasa lagi jadi pengawas perkebunan. :)
Pak Bos berasa lagi jadi pengawas perkebunan. :)


 
Bersama Ibunda Ratu berburu tanaman hias.
Bersama Ibunda Ratu berburu tanaman hias.

Kalo beruntung harga tanaman yang dijual di halaman warga terkarang bisa jadi sangat miring. Karena memang banyak sentra yang jual tanaman jadi kalian bisa telusur daerah ini baik-baik ya. Jangan lupa kosongan bagasi mobil klo mo borong, bisi khilaf moms. Hihi 

Oh iya mom perjalanan menuju ke pondok bitung kita akan ngelewatin daerah cikaret, nah sepanjang jalan cikaret juga ada beberapa deret sentra tanaman hias. Tentu sayang untuk di lewatkan bukan? 

 

2. Kelurahan Katulampa

Nah bedanya sama daerah yang pertama, kalau kalian mampir ke daerah Kelurahan Katulampa kalian ga perlu pusing-pusing muter muter cari jalan buat nyari penjual tanaman hias. Karena sepanjang jalan lurus di daerah ini adalah PUSAT TANAMAN HIAS. Iya, jadi moms gausah bingung lagi anggap aja olahraga susurin jalanan kelurahan katulampan sambil milih tanaman yang seger-seger. 

 

Disini jual berbagai jenis dan warna pot tanaman.
Disini jual berbagai jenis dan warna pot tanaman.


Cantik kan warna-warni keladinya...^^
Cantik kan warna-warni keladinya...^^


Kesukaanku... SUKULEN...!!! ^^
Kesukaanku... SUKULEN...!!! ^^

Untuk harga beragamlah untuk tanaman yang ga begitu hits harga masih standar. Tapi untuk yang hits harganya lumayan tinggi. Enaknya lagi.... saking panjangnya jalanannya kita punya banyak pilihan moms, jadi window shopping dulu baru tawar menawar. 


3. Parung 


Sebenernya di awal kita mau ke arah BSD, tapi pas lewat arah parung kita ngelewatin pusat tanaman hias daerah Parung. Sebenernya lumayan banyak juga sih sepanjang jalan daerah Parung ada beberapa spot yang jual tanaman hias. Tapi ada satu spot yang menarik. Menarik perhatian Ibunda Ratu dan Haura.

Ini yang bikin Haura seneng. "Bunda ada kebun binatang, lihat Bunda!"
Ini yang bikin Haura seneng.
"Bunda ada kebun binatang, lihat Bunda!"

Asisten pribadi nenek.
Asisten pribadi nenek.

Sibuk milih keladi.
Sibuk milih keladi.

Pusat tanaman hias ini kalau dari arah Bogor ada di sebelum Perumahan Bukit Dago, aku kurang tau persis nama jalannya, tapi ada di sebelah kiri jalan. Dan jenis tanaman disini cukup banyak ada Aglonema, Anggrek, Keladi, Monstera, dan lain-lain. Masalah harga, beragam tergantung kemampuan menawar kalian. Disini aku nemu "si kribo" yang sekarang udah d akuisisi jadi taneman mamah. Hahahaha, gapapalah emang ga telaten juga ngerawat ginian.

Sebenernya ada satu daerah lagi tapi karena belum kesana aku belum bisa review lebih lanjut. InsyaAllah, kalau ada kesempatan kesana kita bahas lagi ya. Kalau moms biasa belanja tanaman hias dimana kalau di Bogor?
 



8 komentar :

  1. Wahh, aku juga terjangkit virus tanaman gegara pandemi hihi, mamaku tuh yang sering beli tanaman..beberapa kali beli online di shopee ternyata tokonya di kab. Bogor ey..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banyak emang d kabupaten, liat langsung aja mba dew biar bisa nawar hehe...

      Hapus
  2. @Nailah:

    Mamaku juga baru suka tanaman, Alhamdulillah tumbuh subur pake pupuk air beras yang bauu tapi aku sering disuruh nyiram kalau mama mager. Curang ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha mamahnya mager ketauan nih nay hahaha.... seru ya nai tapi liat tanman cantik-cantik

      Hapus
  3. Wah kalau soal tanem menanam papa ku tuh yang doyan, tapi bukan taneman hias. Papa sukanya nanem pohon pepaya, singkong, bayem, terong, jahe, jadi mama tinggal metik wkwkwk.

    Mba sama kok kaya aku, ga telaten ngurus taneman sukanya liat doang xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss mba kita sama hehehe.... enak berkebun, kalau panen bahagia ^^

      Hapus
  4. Makasih mba,untuk sharing lokasi yang bisa dijadikan referensi. Manatau ntar mampir ke bogor, bisa singgah kesana. Aku juga tim penikmat, suka lihat yang ijo2, bikin adem hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih banyak spot yang bisa d eksplor d bogor mba , selamat berburu ya ^^

      Hapus

Yuk Diskusi Disini...^^

Back to Top