RoswitaPL.com: Ujian itu bernama Sakit

Jumat, 11 Desember 2020

Ujian itu bernama Sakit

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hola moms... Apakabar nih? Semoga sehat selalu dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya.  Sebenernya udah beberapa minggu ini diuji sama Allah. Padahal rencana udah dari A sampai Z. Nih moms planning aku di Desember.

- Beresin laporan Kantor

- Nyiapin audit internal laboratorium kimia

- Pelatihan online yang numpuk

Tapi sebaik -baik manusia berencana, rencana Allah yang paling baik. Yap, semua tidak semulus yang sudah di rencanakan dengan baik, dengan seksama, dengan matang. Aku dikasih sakit.


Photo by Afif Kusuma on Unsplash
Photo by Afif Kusuma on Unsplash


"Dan berencanalah kalian, Allah membuat rencana. Dan Allah sebaik-baik perencana." 

(QS. Ali Imran: 54)


Awalnya... sedih banget! Kayak , kok gini banget ya?! Aku kan udah planning A, planning B, planning C. Dan yang paling sedih saat akhirnya aku cuma bisa ikut 1/2 kegiatan dari pelatihan desain online dimana aku dibayarin oleh organisasi dimana aku aktif. Seeedihhhhhhhhhhh.... kayak ga amanah aja gitu. Bismillah insyaAllah bisa nyusul dan ngejar. 

Udah masuk minggu ke-3 , alhamdulillah sekarang udah mulai recovery. Dan kerjaan pun sudah mulai di remote dr rumah, alias WFH. Tapi tahukah kalian moms ada pelajaran sangat sangat sangat berharga yang aku dapetin dari ujian ini. Berikut beberapa hal yang aku rasain dari ujian Allah kali ini:


1. Nikmat Sholat

MasyaAllah bener deh , aku bersyukur banget akhirnya bisa sholat berdiri. Bisa ngerasain nikmatnya rukuk. Luar biasa nikmatnya sujud. Setelah selama sakit aku cuma bisa shalat sambil duduk. Yang sebelumnya mungkin setiap shalat aku biasa aja, menunaikan kewajiban 5 waktu. Sekarang rasanya nikmatnya susah dijelaskan. Rasanya tenang, sejuk, sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Dijadikan kesenanganku dari dunia berupa wanita dan minyak wangi. Dan dijadikanlah penyejuk hatiku dalam ibadah shalat.” 

(HR. An-Nasa’i no. 3391 dan Ahmad 3: 128, shahih)


 2. Nikmat Makan

Diujian kali ini juga dikasih pengalaman hilangnya nafsu makan. Yang biasa makan dimsum, makan nasi padang, makan mie ayam itu enak banget. Kini pas udah tersaji di depan mata malah rasanya eneg. (Kukira hamil, sampe testpack ternyata negatif moms hehe...). Sekarang ketika nafsu makan sudah mulai ada, sayur bening pake ayam goreng pun udah kayak makan di hotel. Nikmat, enak, masyaAllah rasanya. Jadi malu, rasanya kemarin-kemarin mungkin kurang bersyukur dengan apa yang ada. 

“Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.”

(Q.S. An Nahl : 114)


3. Nikmat Istirahat  

Photo by Alexander Possingham on Unsplash
Photo by Alexander Possingham on Unsplash


Kalau aku sebenernya memang dari dulu kalau tidur kadang suka malem banget, gatau kenapa. Perasaan tidak ngantuk. Nah saat kemarin yang aku rasa ngantuk, ingin istirahat, ingin tidur, tapi gabisa. Badan ngilu semua, sakit semua. Makanya saat sekarang sudah mulai bisa tidur , alhamdulillah sekali. 

"Dan di antara kebesaranNya ialah tidurmu pada waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sungguh pada yang demikian itu benarbenar terdapat tandatanda bagi kaum yang mendengarkan."  

(Q.S. Ar Rum :23)


4. Nikmat Kerja / Aktivitas

Photo by Windows on Unsplash
Photo by Windows on Unsplash


Selama sakit jadinya harus wfh, itu pun sedikit-sedikit istirahat kalau dirasa kurang fit. Rumah cucian piring numpuk, gakuat. Nyapu, ngepel, nyuci baju, jangan ditanya kacauuuuuuu. Bawaannya kepala pengen ditaro dibantal terus, tapi tidur juga ga nikmat. Ga enak deh pokoknya (namanya juga sakit witaaaaaa.....). Beruntung suami aku bageurrrr pisan, bantu nyuci piring mau, bantu manasin makanan, bantu nyuci baju dan jemur, sampe bantu ngurus anak. MasyaAllah suamiku sayang cuma Allah yang bisa balas semua kebaikan dan kesabaran kamu. Love you to the moon and back, honey... Makanya setelah aku muhasabah (merenenungkan baik-baik nikmah Allah) aku bersyukur banget ketika udah bisa ngeblog gini aja, otak udah bisa dipake mikir lagi. Udah bisa meeting online lagi. Udah bisa ngurus kerjaan lagi dengan lebih optimal. Alhamdulillah.


Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? 

(Q.S. Ar Rahman : 55)

 

Sekarang sedang menyusun kembali rencana-rencana yang kemarin sempat tertunda karena ujian sakit ini. Bismillah, semoga kita semua selalu diberikan kekuatan dan kesehatan yang moms. Dan semoga kita bisa jadi pribadi yang lebih bersyukur. Kalo moms, apakah sudah bersyukur untuk nikmat hari ini?


Photo by Roihan Haidar on Unsplash
Photo by Roihan Haidar on Unsplash


8 komentar :

  1. Setujuu mbak, kadang kalau kerjaan kebanyakan suka ngeluh, eh pas dikasih sakit malah kangen kerja juga ya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehhe... sama mba aku juga suka gitu. Ditegur halus kita ya mba. Harus banyak bersyukur.... ^^

      Hapus
  2. Sakit itu bisa jd penggugur dosa sekaligus teguran buat kita juga ya mba. Siapa tahu banyak hal2 baik yg kita lalaikan atau abaikan.

    Jaga kesehatan yaaa

    BalasHapus
  3. Masya Allah, terharu baca tulisanmu say..Alhamdulillah ya sekarang sudah sembuh seperti sediakala, suami juga super hubby bisa menghandle urusan rumah..sehat selalu ya...

    BalasHapus
  4. Keliatannya emang nyebelin kalay lagi sakit, tapi masya Allah sebenernya itu tanda Allah sayang sama kita ya mba. Setelah sakit, nikmatnya semakin terasa, semakin banyak bersuukur. Sehat terus mba

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah sudah kembali sehat ya mbak Wita, bisa berkarya lagi 🌻

    BalasHapus
  6. Alhamdulilah..sudah sehat, Mbak Wita..
    Dalam Islam semua memang sudah ada aturannya, bila mengikuti aturan Tuhan tentu yang ada adalah kenikmatan yang tak ada habisnya. Bagaimana pun keadaanya kita tetep harus bersyukur ya, Mbak.... selamat berkarya lagi, Mbak..

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah kembali sehat. Semangat dan sehat terus mbak. Masya Allah tulisan mbak, mengingatkan saya untuk bersyukur dan bersyukur

    BalasHapus

Yuk Diskusi Disini...^^

Back to Top