gtag('config', 'G-79B5EEGJ1S');

RoswitaPL.com: Resep Bunda Haura : Cirambay Tanpa Bubuk Cabe

Sabtu, 01 Januari 2022

Resep Bunda Haura : Cirambay Tanpa Bubuk Cabe

Assalamu'alaikum halo moms... Mengawali konten "Resep Bunda Haura" di 2022 ini. Mari kita mulai dengan resep yang lagi viral. Semakin kesini pangan olahan dari tepung tapioka  ini semakin variatif. Kalau dulu kita cuma tau Cimol, Cilok dan Cireng. Sekarang semakin banyak ada Cilor... Cilung...Baso Aci....sampai yang sekarang lagi viral Cirambay. Kebetulan sore ini hasrat ingin ngemil lagi membuncah nih... Pas banget Haura lagi bobo. Cek lemari stok bahan, tepung tapioka masih banyak nih. Scroll IG foto cirambay lagi seliwerah. Akhirnya memutuskan.. "Ayo kita bikin cirambay"! Soalnya rata-rata cirambay yang di jual di e-commerce itu berbahan dasar bubuk cabe. Dan aku sekeluarga lagi kurag bersahabat sama bubuk cabe. Jadi bikin sendiri supaya bisa bikin bumbu kreasi kita sendiri. 

 

 resep bunda haura,cirambay

 

Namun sebelum masuk ke resep, aku mau sedikit berbagi informasi tentang tepung tapioka. So..let's check this out.. πŸ˜‰

 


 

 

Kita kenalan dulu sama primadona di resep kali ini. Tapioka atau yang terkadang disebut dengan nama kanji adalah tepung pati yang diekstrak dari umbi singkong. Tepung tapioka juga mempunyai beberapa sebutan lain, seperti tepung aci atau tepung kanji. Dalam bahasa Jawa dikenal sebagai Tepung Kanji. Dalam bahasa Sunda dikenal sebagai aci sampeu. Tapioka memiliki sifat-sifat yang serupa dengan tepung sagu, sehingga penggunaan keduanya dapat dipertukarkan. Bahkan, dalam percakapan sehari-hari, orang Betawi pun menamainya tepung sagu.

Sedangkan Tepung singkong sebenarnya berbeda dengan tepung tapioka. Tepung tapioka adalah hasil ekstraksi umbi singkong sedangkan tepung singkong adalah tepung dari hasil parutan singkong yg dikeringkan . 

 

Apa bedanya tepung tapioka dengan tepung sagu?


 

 

 

Nah ada fakta lucu mengenai kedua tepung ini moms. Jadi dulu aku sempat susah membedakan tepung tapioka dan tepung sagu. Mana yang dibuat untuk dijadiin cireng. Mana yang dijadiin lem untuk bikin lumpia. Bingung asli! Ada yang samaan sama aku ga moms? Cerita di kolom komentar ya πŸ˜† 

Meskipun kedua tepung ini sama-sama berasal dari dasar pati tanaman, tapi mereka bersumber dari tanaman yang berbeda. Tepung Sagu terbuat dari saripati batang pohon sagu. Sedangkan Tepung Tapioka berasal dari saripati tumbuhan singkong. Biasanya tepung sagu digunakan untuk membuat makanan agar memiliki tekstur lembut, empuk, dan lengket. Mulai dari jajanan pasar kue lapis, talam ubi, sampai pempek. Pada adonan, tepung sagu tidak bisa berdiri sendiri, harus dicampur dengan bahan lain seperti tepung terigu. Sebab adonan yang hanya dibuat dengan tepung sagu akan memiliki tekstur terlalu lembek dan terlalu lembut sehingga butuh bahan yang bisa memperkuat teksturnya.

pohon sagu
Pohon Sagu (Source : RimbaKita.com)

 

Sementara tepung tapioka memiliki fungsi untuk merenyahkan dan mengembangkan adonan makanan. Masakannya seperti batagor, cireng agar adonannya mengembang dan lebih krispi. Tepung ini juga bisa menjadi pengental makanan dan bisa menjadi bahan minuman kekinian yaitu boba. Siapa yang doyan boba cung? πŸ˜† Tepung ini mengandung banyak sekali karbohidrat dan sedikit protein, serat, atau zat gizi lainnya.. Karbohidrat dengan kadar protein yang rendah merupakan kandungan utama dari tepung tapioka. Berikut gambaran kandungan nutrisi pada tepung tapioka, diambil dari justaboutfood.com :

Biasanya tepung sagu digunakan untuk membuat makanan agar memiliki tekstur lembut, empuk, dan lengket. Mulai dari jajanan pasar kue lapis, talam ubi, sampai pempek. Pada adonan, tepung sagu tidak bisa berdiri sendiri, harus dicampur dengan bahan lain seperti tepung terigu. Sebab adonan yang hanya dibuat dengan tepung sagu akan memiliki tekstur terlalu lembek dan terlalu lembut sehingga butuh bahan yang bisa memperkuat teksturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bedanya Tepung Sagu dan Tepung Tapioka, Kenali Sebelum Bikin Kue", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/06/30/081800175/bedanya-tepung-sagu-dan-tepung-tapioka-kenali-sebelum-bikin-kue?page=all.
Penulis : Yana Gabriella Wijaya
Editor : Yuharrani Aisyah

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

 

nutrition fact, tapioca flour

 Itu sedikit perkenalan dengan tepung tapioka dan sagu. Karena kalau tak kenal kan harus ta'aruf. Jadi mari mulai kenalan sama bahan-bahan yang ada di dapur kita yuk moms! πŸ˜† Sekarang mari masuk ke resep utama kita kali ini.


Cirambay tanpa bubuk cabai

Cirambay tanpa bubuk cabai



Bumbu halus :

  • Cabe merah 5 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Cabe rawit merah 3 buah
  • Kencur 1 cm


Bumbu tumis :

  • Bawang putih 2 siung
  • Daun jeruk dibuang batang daunnya lalu di potong kecil
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam, gula
  • Royco


Adonan:

- Tepung tapioka 13 sdm

- garam

- merica

- royco

- Air panas 100 ml


Cirambay tanpa bubuk cabai



  1. Buat adonan cirambay hingga kalis. Jika sudah siap langsung kita giling dan potong seukuran kuetiaw. Jangan lupa taburi tepung biar mierambay yang sudah dipotong tidak nempel-nempel.
  2. Tumis bawang putih yang telah di cincang kasar. Jika sudah harum masukan daun bawang.
  3. Masukkan bumbu halus. Tumis hingga bumbu matang. Bumbuin dengan gula, garam, dan royco.
  4. Koreksi rasa. Jika sudah oke masukan mierambay. 
  5. Tumis hingga mierambay rata terkena bumbu.
  6. Cirambay sudah bisa dihidangkan. 
  7. Nikmati selagi hangat. 



Referensi



https://id.wikipedia.org/wiki/Tapioka

https://www.kompas.com/food/read/2020/06/30/081800175/bedanya-tepung-sagu-dan-tepung-tapioka-kenali-sebelum-bikin-kue?page=all 

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-tepung-tapioka-dan-kekurangannya/

https://www.boladeli.id/id/bola-inspirasi/hal-yang-penting-untuk-diketahui-tentang-tepung-tapioka





28 komentar :

  1. bener bangeeeet, sampai sekarang masih susah bedainnya, hehe. jadinya kalau mau bikin-bikin, harus nanya dulu sama ibu negara, memastikan mana yang bener
    btw, mbak, itu kalau digoreng gak meletup-letup kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini ada triknya mbaa kalau gamau meletup2... masukin cirengnya jangan pas minyak panas... alhamdulillah selama ini aman. jangan d aduk2 ya sampe minyaknya agak panas biar ga ambyar.... aku d ajarin abang cireng hehee

      Hapus
  2. Makanan yang berawalan 'Ci' emang iconic yam hihihi aku dah coba cireng, cilok yang cirambay ini belum kak, bisa di recook dirumah nih kak, kayaknya enak di makan sore hari dimusim hujan, ngler nih kak jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba aku suka semua makanan yang ada "cireng"2nya hehehe

      Hapus
  3. Akhirnya tahu bedanya deh tepung Pati dan tepung sagu, ini bisa buat bahan cilok dkk ya tepung Pati, aku punya banyak nih dikasih teman dan bingung mau diapakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbaaa bikin macem2 enak jadi cemilan buat di rumah

      Hapus
  4. Baru tau ada cirambay, ini kaya cireng dilembekin gitu ya. Sejauh ini favorit aku masih di cilung sama cilor~

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus cobain ini sih... ini next levelnya cireng...enak pake banget ^^

      Hapus
  5. Sumpah aku kira sagu dan singkong itu samaan wkwkwk.. btw aku lebih suka cibay atau cirambay versi ini deh kayaknya. Kalo yang pake bubuk cape suka terlalu pedes dan rasa pedesnya beda :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku juga kurang bisa makan bubuk cabe suka bikin radang soalnya hehehe...

      Hapus
  6. hihihihi baru tau ini cirambay ya ampyuuuuun..... boljug nih ga pake cabai soalnya kalau lg sensitif perut ogah makan pedesan dulu nih....

    BalasHapus
  7. Baru tau ada makanan namanya cirambay, nampaknya sangat menggoda lidah. Boleh ni dicoba resepnya siapa tau suami suka. Makasih mba resepnya 😍

    BalasHapus
  8. Baru tau ada makanan namanya cirambay, nampaknya sangat menggoda lidah. Boleh ni dicoba resepnya siapa tau suami suka. Makasih mba resepnya 😍

    BalasHapus
  9. Saya rekomendasiin ke istri nanti lah, biar dicobanya tuk bikin, hehe

    BalasHapus
  10. hihi baru tahu ada makanan cirambay.. boleh banget dicoba nih resepnya buat camilan thanks kakak!

    BalasHapus
  11. Enak banget sih Cirambaynyaaa, jadi pengen bikin. Btw udah tau asal Tepung Sagu dan Tapioka, cuma ngga tahu bedanya buat penggunaannya. WKwkwk. Sekarang jadi tahu deh.

    BalasHapus
  12. Pengen liat gambar-gambar urutan pembuatan cara masaknya, Mbak, biar lebih afdhol nanti praktekin di rumah

    BalasHapus
  13. Camilan dari bandung emang rata-rata bikin nagih karena cita rasa asin pedas yang aku banget

    BalasHapus
  14. Duhh malem2 liat foto cirambay jadi ngiler. Mau bikin, udah kemalemanπŸ˜‚

    BalasHapus
  15. wah masakan viral nih, cirambaya ini enak, tapi belum pernah bikin sendiri hihi, ijin save resep ya mba, mo nyobain bikin, makasih

    BalasHapus
  16. Kalau dari penampakannya mirip tteokpokki atau kue beras ya mba wkkwkw. Duh malah blm pernah cobain cirambay inihhh

    BalasHapus
  17. Di Jabar udah rame banget yang pada makan mie cirambay. Aku penasaran banget tapi belum pernah nyoba. Lumayan ada resepnya, ntar bisa bikin. Makasih Mbaak

    BalasHapus
  18. Cirambay.. Blum pernah coba makan or bikin ih. Jadi ngiler baca resepnya. Makasih ide resepnya kak

    BalasHapus
  19. mantap nih resepnya kak, jadi sedikit lebih tau juga mengenai perbedaan tepung sagu dan tapioka.

    BalasHapus
  20. Salah satu cemilan yang lagi viral saat ini, jadi pengen cobain bikin. Makasih resepnya yaa kak πŸ₯°

    BalasHapus
  21. Wiih, makasih kak, sudah berbagi resep. Jadi penasaran mo bikinnya deh

    BalasHapus
  22. Baru tahu nih kak soal masakan cirambay. Jadi semacam kwetiauw gitu yaa kak ini? Tapi bumbunya kayak masakan cilok?? Btw ngiler banget liatnya kakk hihi

    BalasHapus
  23. Resepnya menggodan dan endes betul, kudu wajib dicoba. Pas kalo musim ujan.

    BalasHapus

Yuk Diskusi Disini...^^

Back to Top