RoswitaPL.com: Bebelac Gold Soya : Alternatif Susu Formula Untuk Anak

Minggu, 04 April 2021

Bebelac Gold Soya : Alternatif Susu Formula Untuk Anak

Memilih susu formula untuk anak memang gampang-gampang susah. Selain dari segi kandungan yang harus dievaluasi oleh sang bunda, faktor penilaian kesukaan dari si kecil juga menjadi penentu dalam pemilihan susu formula. Perjalanan Haura bertemu Bebelac juga setelah mencoba berbagai jenis susu formula, hingga akhirnya menentukan pilihan pada susu Bebelac. Makanya Haura dan Bunda excited banget waktu ada kiriman dan diberi kesempatan untuk nyobain Bebelac Gold Soya.

 

susu formula, bebelac soya
Happy banget dapet paket Bebelac Soya!

Jadi haura biasanya minum Bebelac Gold versi biasa. Tapi kalau dia lagi diare biasanya sama dokter susu formulanya diarahkan untuk diganti susu soya. Karena kandungan laktosa pada susu formula bisa jadi pemicu diare anak. Makanya saat anak diare terkadang disarankan untuk diet produk susu. Atau kadang dokter mengizinkan tapi susu formulanya harus encer. Karena kan kasian anak kalau sama sekali ga dikasih susu. 


apa itu laktosa?



Laktosa merupakan karbohidrat sederhana golongan disakarida yang terdiri dari glukosa dan galaktosa. Galaktosa dalam laktosa berperan dalam perkembangan sel dan fungsi organ tubuh. Laktosa juga merupakan prebiotic yang menjadi sumber energi bagi mikroba dalam usus sehingga berperan menjaga kesehatan pencernaan. Laktosa juga disebut sebagai gula susu karena secara alami terkandung di dalam susu dan produk olahan susu.

Mengenai manfaat dari laktosa sendiri, selain sebagai sumber energi bagi tubuh anak, jenis gula ini juga membantu dalam penyerapan kalsium dan beberapa jenis mineral lain seperti zinc, terutama pada bayi. Terlebih lagi, laktosa juga bisa menjadi “bakteri baik” atau sebagai prebiotik dalam usus, yang bermanfaat bagi tubuh untuk menjaga kinerja sistem imun atau daya tahan tubuh dalam melawan berbagai penyakit.

Apabila anak tidak mengalami masalah ketika mengonsumsi susu dan produk olahannya yang mengandung laktosa, rekomendasi harian pemberian susu yang mengandung laktosa dapat mengikuti panduan dari US Department of Agriculture berikut:

  • Anak usia 2-3 tahun: 2 gelas (480 milliliters) per hari
  • Anak usia 4-8 tahun: 2½ gelas (600 milliliters) per hari
  • Anak usia 9-18 tahun: 3 gelas (720 milliliters) per hari

 

 

susu formula, intoleransi laktosa

 

 

Intoleransi laktosa adalah gangguan pencernaan akibat tubuh tidak dapat mencerna laktosa. Kondisi ini sering kali ditandai dengan diare, perut kembung dan sering buang angin setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung laktosa, seperti susu atau produk olahannya.

Tubuh menggunakan enzim alami yang disebut laktase untuk mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa, agar kemudian bisa diserap dan digunakan sebagai sumber energi. Pada penderita intoleransi laktosa, tubuh tidak menghasilkan enzim laktase dalam jumlah yang cukup. Akibatnya, laktosa yang tidak tercerna masuk ke usus besar dan terfermentasi oleh bakteri. Kondisi ini memunculkan keluhan intoleransi laktosa.

Gejala umum intoleransi laktosa seperti sering buang angin, perut kembung, kram perut, mual, dan diare. Tentunya tiap penderita intoleransi laktosa dapat mengalami gejala yang berbeda-beda, dan tingkat keparahan gejala di atas tergantung pada seberapa banyak laktosa yang dikonsumsi.

Meski demikian, intoleransi laktosa bisa diatasi. Dengan cara mengurangi atau mengganti susu formula dengan susu formula lain yang kadar laktosanya lebih rendah atau yang bebas laktosa. Karena susu menjadi minuman yang wajib untuk dikonsumsi si kecil, maka disarankan untuk tidak menghentikan pemberian susu kepada si kecil, tetapi menggantinya dengan yang lebih rendah kadar laktosanya. 

 

susu formula, bebelac gold soya Nah salah satu alternatif susu pengganti susu formula adalah susu formula soya. Haura kemarin nyobain Susu Bebelac Gold Soya rasa Vanilla. Sebenernya udah deg-degan karena selama ini kalau diare dia cuma diakalin dengan mengencerkan susu formula yang biasa dia minum jadi enceeeerrrrr banget. Karena biasanya dia ga doyan susu soya, yang ada disemburrrrr. Tapi pas coba susu Bebelac Gold Soya dia ternyata suka, alhamdulillah. Haura jadi punya alternatif susu formula kalo pas dia lagi diare dan harus ngurangi susu formula.

 

 

 

Susu Formula, Bebelac Gold Soya
Bebelac Gold Soya

Semakin istimewa karena Bebelac Gold Soya kaya akan nutrisi untuk si kecil. Selain tinggi akan serat, tentu tau dong kalau serat diperlukan untuk kesehatan pencernaan. Juga mengandung prebiotik, DHA, Omega 3&6, Vitamin & Mineral, dan Protein dari Isolat Protein Soya. Kandungan FOS Inulin berperan untuk mendukung perut hebat si kecil. Fish Oil mendukung daya pikir si kecil. Isolat protein soya , 13 vitamin dan 9 mineral mendukung pertumbuhan optimal si kecil. Jadi, untuk alternatif susu formula berbahan dasar soya, bunda sudah tidak khawatir lagi ada Bebelac Gold Soya. 😍

 

Haura dan Bebelac Gold Soya

 

Referensi:

https://www.alodokter.com/intoleransi-laktosa

https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/manfaat-laktosa-pada-susu-formula-anak/ 

https://www.ibudanbalita.com/artikel/mobileapps-6-alasan-mengapa-laktosa-dibutuhkan-oleh-bayi


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Yuk Diskusi Disini...^^

Back to Top