RoswitaPL.com: "Jodoh" Versi Traffic Light

Minggu, 25 April 2021

"Jodoh" Versi Traffic Light


Sebenernya ini aku lagi ngere-write tulisan lama. Kita bahas aja lagi karena asik aja buat dibahas πŸ˜†. Tulisan ini dulu aku buat pas lagi masa galau-galaunya karena pas lulus kuliah udah mulai nerima undangan nikah. Dari mulai temen TK sampai kuliah. Dari undangan satu menuju undangan lain pasti yang ditanya "Kapan nyusul?". Kemudian galau πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†. Hayo ngaku ada yang samaan ga sama aku. Saat itu berkali-kali jadi panitia nikahan temen tapi tetep hilal jodoh belum keliatan. 

Nah...Tulisan ini justru ide datangnya unik abis. Yaitu pas macet lampu merah....berubah jadi kuning...berubah jadi ijo.....hingga akhirnya merah lagi... Tiba-tiba terlintas ide tulisan ini.... Untuk para pencari jodoh coba disimak ya.

Foto oleh PhotoMIX Company dari Pexels
Foto oleh PhotoMIX Company dari Pexels


Perjalanan kita bertemu jodoh itu kayak Traffic light.... Ada beberapa kondisi yang mirip, ga percaya? Nah ini dia pembahasan reportase ala wita...


Pertama, pernah ngalamin ga ? Kondisi dimana saat kalian berkendara *kalo saya mah naik motor, jadi pas lampu merah suka bengongπŸ˜‚* dan macet ga jelas di lampu merah. Udah 2 Kali lampu hijau tapi tetep belum kebagian jatah maju.


Nah... Sama seperti jodoh..

Kalau memang belum saatnya, meski rasanya kita sudah siap, uang sudah mencukupi, umur sudah matang, ilmu sudah ngelotok. Tapi,,, KALAU MEMANG BELUM SAATNYA... Yah ga akan bisa maju...

Meski banyak kesempatan datang... atau teman-teman ngirim undangan silih berganti.. disitulah kita belajar SABAR....



Kedua, Pasti pernah dong ngalamin udah ngebut dari jauh karena lampu masih hijau. Eh.. tiba2 kebagian merah! Tetot!!!! Akhirnya kita pun kembali mengantri lagi, menanti lampu hijau. Disini kita bisa milih mau tetap maju meski lampu sudah kuning menuju merah *ini agak bahaya sih. Kalau keburu merah bisa celaka..ATAU berhenti dan bersabar di lampu hijau berikutnya.


Nah...Kalau ini gambarannya kek gini...

Kita gak tau siapa yang akan menjadi pendamping kita kelak *tentunya pendamping yang akan bimbing kita hingga ke syurgaNya yah..*.  Mungkin ada yang ngalamin berbagai proses, ada yang pacaran, ta'aruf, atau dijodohin orang tua. Ini namanya proses. Proses mana yang akan kita pilih untuk kita lalui?

Yang jelas untuk menuju suatu kebaikan, sebaiknya dengan cara-cara yang baik juga ya...

Hal lainnya, adakalanya mungkin kita terbentur beberapa hal, hal kecil atau pun hal besar kayak restu orang tua , kalau cuma mikirin CINTA tanpa pikir panjang yang ada malah bisa jadi maen kawin lari *yang ada nanti malah pernikahan jadi tidak sah loh. Jangan ya..*. Tapi kalau kita bisa lebih sabar mungkin kita bisa ngobrolin ini baik-baik sama orangtua kita.  Hmm... orangtua itu pasti ingin yang terbaik untuk anaknya kok. Disinilah kita yang memutuskan... mau maen tabrak! Atau perlahan-lahan dan sabar menunggu pertolongan Allah. Karena pernikahan bukan hanya soal CINTA. Nah dari sini kita kembali belajar SABAR dan NEGOSIASI.



Ketiga, Kadang saat kita menanti giliran lampu hijau pasti ada yang maunya lurus tapi ngambilnya malah barisan kanan *kebayang ga?πŸ˜†*. Intinya ngebahayain dan bikin pusing yang mau belok kanan, karena ternyata dia malah lurus. Kalau selama perjalanan kita bengong... ga fokus... yang jadi celaka tentunya malah kita , bisa kejadian tabrakan beruntun..



Nah sama aja kayak perjalanan bertemu dengan "dia"...


Kalau kita tidak pandai dalam menjaga diri sampai akhirnya terdengar suara ijab kabul yang kemudian di sambut dengat sahutan "SAH!" dan hujanan do'a-do'a. Hmmm...inget aja firman Allah dalam surat berikut,



“ Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik." 
(Qs. An Nur:26)


 

Allah itu Maha Pemberi Ampunan dan Maha Penerima Taubat hambaNya yang mau bersungguh-sungguh dalam memperbaiki diri. Jadi sampai saatnya akan ada seseorang pangeran yang datang dan menjemput kita, sebaiknya kita mantapkan hati dan bekali diri dengan ilmu-ilmu tentang pernikahan. Ikut seminar pranikah, seminar paremting, kelas memasak, dll. Biar diri makin mantap menyambut jodoh yang ditakdirkan oleh Allah SWT...



Keempat, apa yang temen-temen rasain pas temen-temen lewatin traffic light pas kebagian lampu hijaunya lamaaaaaa banget, sampe akhirnya temen-temen ngelewatin lampu itu tanpa hambatan, tanpa macet, plongggg aja gitu....



Nah...kalau untuk yang ini...

Pada saatnya nanti, saat akhirnya kita dipertemukan dengan "dia" yang telah Allah takdirkan untuk kita. Kalau kita sudah menempuh jalan yang Allah ridhoi, ibaratnya prosesnya benar. Maka inshaa Allah seterusnya akan dimudahkan olehNya. Dan saat itu...

Foto oleh JESHOOTS.com dari Pexels
Foto oleh JESHOOTS.com dari Pexels

 
"Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?" 
(Q.S. Ar-Rahman : 55)



Hmm...MyEm0.Com
Sekian reportase lawas wita kali ini.. Semoga bermanfaat...





Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Yuk Diskusi Disini...^^

Back to Top