RoswitaPL.com: Inspirasi : PritaHW, Founder TJI Yang Sangat Menginspirasi

Minggu, 04 Juli 2021

Inspirasi : PritaHW, Founder TJI Yang Sangat Menginspirasi


 

Salah satu komunitas yang sangat mensupport kebutuhan aku yang haus ilmu akan blog , menulis, dan social branding adalah The Jannah Institut atau biasa disingkat dengan TJI. Makanya kalau ada temen yang tanya-tanya tentang konsisten untuk nulis, saya jawab ikut pelatihan-pelatihan nulis (kalau pandemi ini banyaknya online). Yang kedua ikut komunitas penunjang. Karena aku butuh disupport untuk blog aku, maka aku ikut buanyaaakkkk komunitas blogging. Banyak kok, rata-rata di kota masing-masing ada. Dan pandemin ini justru bikin aku terbang online ke Jember, kota dari founder TJI, Mbak PritaHW. Beliau inilah salah satu sosok yang sangat menginspirasi saya di dunia literasi dan blogosphere. Dan di sosok beliaulah yang menjadi sosok inspirasi kita kali ini.

Kok jauh amat sampe ke Jember dari Bogor??😰

Iya kok bisa jauh ya?😆 Dari Bogor bisa kenalan sama Mbak Prita di Jember. Jarak Bogor - Jember (kurang lebih 986 km abis aku googling 😱). Itu semua terjadi karena pas pandemi tahun lalu kondisi diri di rumahkan 3 bulan , selama 3 bulan ga ngantor banyak banget pelatihan-pelatihan online yang terjangkau harganya. Salah satunya blogging class dari The Jannah Institut ini. Bahkan setelah itu juga aku bergabung di komunitas Blog TJI , dan semakin menggeluti dunia blogoshpere ini semakin serius.

Aktifis Selagi Muda, PritaHW

Beliau dilahirkan di Kota Tembakau, Jember, Jawa Timur dengan nama lengkap Prita Hendriana Wijayanti yang kini akrab dengan sapaan PritaHW. Prita menamatkan pendidikan formalnya hingga SMA di kota Jember, kemudian melanjutkan kuliah Universitas Airlangga di jurusan Ilmu Informasi dan perpustakaan. Karena inilah Prita mulai melebarkan sayap ke Surabaya. 
 
Salah satu sosok yang menginspirasi Prita adalah eyang putrinya, eyang putrinya sangat aktif di berbagai organisasi. Bahkan eyang putrinya juga menularkan kegemaran berbicara bahasa inggris, menggambar sederhana, membaca, juga kecintaan mencatat dan menulis, serta menikmati berkunjung ke suatu tempat untuk bersilaturahim. Hal ini yang membuat Prita tumbuh dengan mencintai hal berbau alam, menyukai membaca, menulis, sharing, dan travelling. Dan membuat Prita aktif di dunia literasi dan pendidikan, seperti minat baca, perpustakaan, perbukuan, kepenulisan, hingga fasilitasi. 

Mendirikan "Insan Baca"

Kecintaan Prita pada dunia literasi dimulai denga kebiasaan yang ditamankan eyang putrinya, beliau biasa membaca dulu setiap bungkus koran atau selebaran bungkus belanjaan sayur mayur atau bumbu dapur dari warung belanja. Karena menurut eyang putri setiap informasi itu berharga. Hal ini sangat berbekas untuk Prita kecil, sehingga dia menjadi rajin untuk meminjam buku dan majalah sewaan di dekar rumahnya. salah satu bacaan favoritnya saat itu adalah buku Asterix dan Obelix, memang seru dan lucu sih kisah duo sahabat ini. Dan saat kecil Prita menerima hadiah ulang tahun yang sangat berkesan dari papanya yaitu sebuah Ensiklopedia Sejarah.

Hal-hal itu yang membentuk dirinya menjadi pribadi yang begitu mencintai setiap informasi apapun, dari selebaran hingga buku. Hingga beliau bertemu dengan sosok Pak Iman Suligi di bangku SMO, seorang pustakawan pendiri Kampoeng Batja, kisah tentang beliau bisa dibaca disini. Prita terkesan dengan Pak Iman karena sosok pustakawan itu bisa menjawan kebutuhan informasi setiap orang. Dan setelah kuliah, kegelisahan Prita pun semakin menjadi-menjadi mendengar berita bahwa minat baca anak Indonesia rendah. Dan Prita mendirikan INSAN BACA, jaringan pengelola taman baca dan perpustakaan independen pertama di Surabaya di tahun 2002. Keren ya??😍 Gak sampe situ aja, di tahun yang sama, neliau juga me-remake perpustakaan lingkungan hidup Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jawa Timur menjadi Kedai Baca WALHI Jatim.

Kecintaannya pada dunia literasi.
Kecintaannya pada dunia literasi.


Ternyata kiprah Prita tidak berhenti disitu saja. Pada tahun 2008, beliau mendirikan Pondok Baca Bocah di Rumah Susun Penjaringan Sari Surabaya. Dan di 2010, dengan mas Gol A Gong dan kawan-kawan, bergabung dengan pengurus Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Pusat. Dan sekarang sedang mengelola Rumah Baca HOS Tjokroaminoto di Desa Setia Asih, Kabupaten Bekasi. Kebahagiaannya semakin membuncah ketika beliau dilamar untuk membantu Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Jawa Barat di Divisi Organisasi. Bahkan sepak terjang beliau sempat membuat beliau diliput oleh media. 


Perpustakaan Asuhan Prita
Perpustakaan Asuhan Prita

Keren euy.. Jadi Kayak Gadis Sampul! 😉
Keren euy.. Jadi Kayak Gadis Sampul! 😉



Memperkuat Langkah Setelah MEnikah


Setelah menikah Prita dan suami sempat melanglang buana hingga berdomisili di Bekasi. Dan memutuskan untuk kembali pulang ke kampung halaman pada Januari 2017. Namun impiannya terus berkembang, kini semakin serius di dunia blogging, serta menyiapkan ranah social entrepreneur yang sedang dimatangkan bersama sang suami. 
 
 
Prita Bersama Suami dan kedua Buah Hatinya
Prita Bersama Suami dan kedua Buah Hatinya

 
Setelah memutuskan untuk resign setelah bekerja 5 tahun di perusahaan advertising pada November 2015. Beliau mulai semakin serius dengan dunia blogging yang hingga kini digelutinya. Mulai mengikuti berbagai komunitas blogger di Facebook, kemudian ikutan kopdar, hingga akhirnya merasa nyaman dengan dunia blogosphere ini. Prita berharap dengan tulisannya dapat memberikan inspirasi baru. Sebagai personal dan lifestyle blogger beliau mengambil tiga highlight untuk blognya yaitu, inspirasi, aktivitas literasi, dan kisah perjalanan. Hingga kemudian pada 2 Juli 2016 blognya upgrade menjadi www.pritahw.com
 
Dan pada 9 September 2016 di Bekasi bersama sang suami, Nana Warsita mendirikan The Jannah Institute.  Yang merupakan sebuah knowledge center yang berfokus pada tiga ranah, diantaranya writing services (jasa kepenulisan), workshop provider (penyedia pelatihan), dan literacy consultant (konsultan di bidang literasi) . The Jannah Institute ini muncul sebagai wadah berbagi pengetahuan sehingga bisa melayani lebih banyak segmen masyarakat yang membutuhkan wawasan di tiga bidang tersebut. Selain, lebih jauh, melahirkan generasi yang mampu bersaing dan menjadi berdaya dengan totalitas dalam kemampuan yang dimilikinya. Dimana aku sendiri sudah ikut beberapa kelas yang diadakan TJI. Antara lain, Instagram Branding, Public Speaking, dan tentu saja kelas Bloggingnya.
 
The Jannah Institute
The Jannah Institute


Prita mengatakan apalah artinya blog tanpa pembaca yang dapat mengambil mandaat dari tulisan-tulisan di dalamnya. Beliau meyakini jika tulisan sama dengan perkataan, sebelum terlontar, harus dipikirkan dengan matang. Karena apa yang kita tulis, akan dipertanggungjawabkan. Prita kini mengelola blognya bersama sang suami, Nana Warsita. Sang suami bertugas sebagai fotografer juga desainer grafis. Sedangkan dirinya bertugas untuk urusan ide, teks, dan pernak-pernik di blognya.  Prita juga menyampaikan semoga dengan blog ini bisa saling berbagi dan menabur manfaat yang akan kita tuai kelak, di kehidupan setelah ini.

 
Multitasking, Supermom

 

 
Kalau mau dibilang Supermom menurut ku sosok PritaHW ini tepat!!! Karena selain menulis bahkan beliau juga melebarkan sayapnya ke dunia Public Speaking. Bahkan aku sempat menjadi muridnya di kelas Public Speakingnya. Dan seriusss, gak ada bosen-bosennya! Materinya bagus, suasananya asik, pengajarnya berpengalaman. Jadi asyik banget ikut kelasnya hampir 1,5 bulan tapi gak kerasa lama. Prita mengatakan bahwa pengalamannya selama di dunia Public Speaking menjadi MC, Moderator, Fasilitator, Narasumber , dan Pembicara dimulai sejak menjadi alumni Green Student Enviromentalist di bawah naungan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jawa Timur. Kemudian keahlian ini mengalir begitu saja.

Prita juga kini tengah menggeluti kegiatan barunya, yaitu edukasi healty food. Dimulai dari kompetisi yang diikutinya hingga melahirkan bisnis barunya sebagai healtypreneur yaitu The Jannah Healtyfood. Salah satu produk yang bikin aku yang di bogor mupeng adalah Kue Korean Bento Cakenya yang yang free gluten. 

Korean Bento Cake
Korean Bento Cake


Itulah sekilas sosok PritaHW, yang menginspirasi aku bahwa seorang ibu bisa multitasking dalam berbagai hal. Semoga juga menginspirasi kita semua😘. 






 

12 komentar :

  1. MasyaAllah bener-bener multitasking. Tambah anak pun tambah bertalenta mah Mbak Prita.

    BalasHapus
  2. MasyaaAllah mbak Roswita, alhamdulillah ala kulli hal, semoga kita terus berkarya lewat jalur kita masing2 ya.

    BalasHapus
  3. keren banget kak, sangat inspiratif! Sehat selalu yaaa

    BalasHapus
  4. MaasyaaAllah..
    Bener bener superrr wanita bernama PritaHW ini ya mb..
    Aku bacanya sampai terkagum - kagum sendiri.
    Entah sudah berapa kali aku bilang: wow.. woww.. woww.. 😆
    Sangat menginspirasi 🤩

    BalasHapus
  5. Semoga bisa jadi blogger yg inspiratif juga seperti mba prita. Pelajaran yg dapat diambil dari kisah mba prita adalah jan berhenti belajar, mencoba hal baru..

    BalasHapus
  6. MasyaAllah, para ibu ibu multitasking ini selalu berhasil jadi inspirasi ya. Semoga kelak bisa seperti itu jugaa, aamiin

    BalasHapus
  7. Prita memang jempolan, waktu hamil pun tetap gesit menginisiasi berbagai kegiatan, semoga sehat selalu dan makin produktif berkarya ya Prita..

    BalasHapus
  8. Mba Prita sangat aktif ya, keren banget. Mba juga keren banget ikut banyak komunitas dan tetap semangat, juga konsisten. Semangat terus ngeblog mba!

    BalasHapus
  9. Waaaah keren banget inspirasi blogging seperti Mbak Prita.. suka banget blogger yang bisa menginspirasi orang lain melalui karya dan aktivitas yang dilakukan.. menarik banget mbak baca tips-tips yang diberikan :D

    BalasHapus
  10. yampun aku kagum sama semangat nyari ilmunya mbaa, ikut komunitas blogger sanasini. menarik, mau begini juga. semoga aku ga jadi overwhelm kalo belajar banyak 😂

    BalasHapus
  11. Masyaallah ... jd tersadar udah lama ga mampir ke blognyanya mbak Prita. Emang kece badai sih blogger satu ni. Salah satu idolaku juga

    BalasHapus
  12. Wah.. baru tau profil lengkap mbak Prita HW disini. Keren banget memang 😍👍. Semoga selalu menginspirasi mbak Prita dan Mbak Roswita ♥️♥️

    BalasHapus

Yuk Diskusi Disini...^^

Back to Top