RoswitaPL.com: Haura Bertanya, Bunda Menjawab : Aurat

Minggu, 01 Agustus 2021

Haura Bertanya, Bunda Menjawab : Aurat


 


Halo moms... Sebagaimana judulnya jadi aku mau nulisin pertanyaan-pertanyaan yang pernah Haura tanyaain ke aku. Kebetulan Haura memang sudah mulai masuk sekolah. Kalo biasanya di rumah pake kaos sama celana pendek mulu. Begitu mulai sekolah dari senin-sampai jumat doi mulai pakai seragam. Yang artinya pakai kerudung. Sebenernya Haura udah aku biasain pakai kerudung dari bayi, soalnya kan kalo topi bayi suka copot-copot, kalau pake kerudung kan hangatnya sampe leher. Cuma memang anaknya gak pernah nanya kenapa harus pake, juga kalau dia lagi gak mau pake pas di luar belum aku paksain. Sampe akhirnya muncul obrolan kita yang cukup rumit.

Haura : "Bunda, awwat itu apa sih?" (Maklum masih cadel)

Bunda : "Hah?? Akhwat?? Akhwat itu artinya saudara perempuan, bahasa arab itu"

Haura : "Bukaannnn awwat bunda..." (Kesel karena bundanya gak paham omongan dia)

Bunda : "Aurat?" (ragu-ragu)

Haura : "Iya! Awwat.."

Bunda : (Waduh! Muter otak!) "Aurat itu bagian tubuh yang harus ditutupin kalau Haura mau keluar rumah. Misalnya nih, Haura mau keluar rumah harus pake kerudung sama baju dan celana panjang." 

Haura : (Angguk-angguk)


Aku fikir "ujian dadakan" sebagai orang tua udah selesai disitu ternyata pertanyaannya mengakar.


Haura : "Kok Ayah gak pake kerudung Bunda?"

Bunda : "Ayah kan laki-laki, auratnya berbeda. Ayah auratnya dari antara pusar sampai lutut. Makanya ayah keluar pakai celana panjang. Biar bisa dipake sholat." 

Haura : "Kita perempuan? Pakai Kerudung. Ayah laki-laki? Gak pakai kerudung?"

Bunda : "Iya betul."


Nampaknya kali ini "ujian dadakannya" lulus. Haura puas, senyum-senyum di kaca sambil benerin kerudungnya terus nanya.


"Bunda, aku cantik ga?"


Geli rasanya liat kelakuan anak 4 tahun yang centil ini. 😂😂 "MasyaAllah anak sholihah Bunda paling cantik serumah ini...".


Ini aku sebut "ujian dadakan" karena pada dasarnya anak pasti akan bertanya pada kita tentang berbagai hal. Tentang dunia yang sedang dia lihat dan amati, juga aqidah yang sedang kita kenalkan pada anak. Dan kita tidak pernah tahu "kapan" anak akan bertanya tentang "apapun", oleh karena itu kita harus siap "kapanpun".  Kalau moms udah kena "ujian dadakan" apa nih dari anak? Sharing yuk. Kalau ada jawaban tentang aurat yang lain boleh yah di sharing di kolom komentar 😉 Selamat menikmati "ujian dadakan" dari anak.





13 komentar :

  1. MaasyaaAllah Haura lucuuu.

    Kalau anakku sudah dibiasakan dari kecil mb.. sekarang SD kelas 3 sudah otomatis pakai hijab walaupun cuma keluar teras.. alhamdulillah..

    Si bayi juga alhamdulillah sukanya pakai yg panjang2.. celana sepaha dia ga suka..

    Semoga anak2 kita jadi anak soleha ya mb aamiin

    BalasHapus
  2. Menyimak jawaban, kadang kalau kita gak siap dan gak sabar, menjawab asal cepat, jawaban bisa menjadi bumerang.
    Jawaban akan membawa pertanyaan barunitu ciri khas anak. Bedanya dengan orang dewasa sudah menimbang, segan bertanya lebih lanjut

    BalasHapus
  3. Jadi mikir, dulu masa anak-anak masih kecil pernah nanya ini gak ya? ... auto mikirrr

    BalasHapus
  4. Wah tulisannya menarik bunda, memang kita harus selalu siap untuk menjawab pertanyaan yang anak sampaikan ya bun.... Semangatt

    BalasHapus
  5. Si kecil lg masuk masa2 bertanya kritis ya.. Aku juga lg mulai kewalahan dgn pertanyaan dia. Klo di jawab asal nanti dia salah tangkep, di jawab serius nanti dia bingung 😄 serba salah

    BalasHapus
  6. Bukti bahwa madrasah pertama seorang anak adalah ibunya, orangtuanya. Mau menikah perlu persiapan matang, perlu ilmu, pun saat dikaruniai buah hati harus ditambah lagi ilmunya biar ga salah menjadi contoh yang baik..

    BalasHapus
  7. mbaaaak ... duh, kbayang nanti kalau aku punya anak, kayaknya emang harus siap dengan segala pertanyaan ajaib mreka nih. bundanya yang harus belajar terus, hahahaha

    BalasHapus
  8. Masyaa Allah Dek Haura anak sholehah, tante gemes, deh. Tante dapat insight baru nih dari pertanyaan Dek Haura dan jawaban Mama Roswita. Tabungan ilmu buat tante yang masih jomlo, hehe -Ami-

    BalasHapus
  9. Emang paling tantangan itu ketika fase rasa penasaran anak muncul. Pertanyaan nya kadang lebih sulit dari ujian, aku yang belom punya anak dan suka ditanyain sama ponakan aja deg-degan

    BalasHapus
  10. Cerdas dan lucunya Haura, senang baca percakapan kalian berdua, anak jadi komunikatif jika sejak kecil terbiasa berdiskusi, berani mengungkapkan perasaan dan bertanya tanpa ragu atau takut dimarahi orang tuanya ya..

    BalasHapus
  11. (((kok ayah ga pake kerudung))) hahaha aku ngakak pas baca ini. jadi orang tua tuh kudu siap ya ditanyain apapun sama si kecil :)))

    BalasHapus
  12. Hihi lucu ya pertanyaan anak kecil.. suka banget kalau anak kecil punya pertanyaan yang kadang orang dewasa lupa kalau dulu kita juga pernah bertanya seperti itu :D

    BalasHapus
  13. Ahaaha lucu bgt si Haura. Aku blom punya anak nih jdi blom lulus ujian. 😅 tapi aku suka ditanyain ama anak tetangga, kadang jwbnya jg kudu mikir dulu, spy ga salah pemahaman malahan. Ahahaha

    BalasHapus

Yuk Diskusi Disini...^^

Back to Top