RoswitaPL.com: Pengalaman Intermediate Blogging Online Class bersama TJI

Minggu, 24 Januari 2021

Pengalaman Intermediate Blogging Online Class bersama TJI

Minggu ini agak produktif ya karena bisa dua kali posting tulisan di blog πŸ˜†. Aku kali ini mau sharing tentang pengalaman selama di dunia blogosphere (gaya padahal sampe sekarang masih newbie πŸ˜‚). Dan sharing pengalaman selama ikut kelas blogger online, Intermediate Blogging dari The Jannah Institute. Jangan salah ya! Ini walau kelas pembelajarannya online tapi kualitas materinya tetep kayak tatap muka sama mentornya. Karena kita benar-benar dibimbing satu persatu sama mba Prita HW selaku mentor. Sebelumnya aku mau cerita sedikit tentang perjalananku sampai roswitapl.com ini ada.

Kelas Blog Online
Photo by Anete Lūsiņa on Unsplash

kenapa suka ngeblog?

Sebelum kenal dunia blog dengan segala keasikan blogosphere-nya. Aku memang udah jatuh cinta sama menulis  dari kecil. Dan memang udah terbiasa nulis di buku diary , hadiah dari Papah waktu aku kecil. Satu buku penuh pindah ke buku lain, sampe beli buku biasa yang disampul cantik dengan kertas kado warna-warni dan di hias macem-macem stiker kalau bahasa keren sekarang journaling. Curhatannya? Alay bangetπŸ˜‚! Gak jauh dari VMJ (Virus Merah Jambu) alias naksir-naksir kakak kelas atau berantem sama temen. Dari demen nulis di atas kertas, kemudian mulai tertarik pindah nulis di dunia maya. Apa motivasi untuk menulis? Ada banyak, salah satunya perkataan dari salah satu penulis senior di Indonesia :

  


 

Jadi menurutku, dengan aku menulis sama saja dengan membuat autobiografi untuk diri sendiri. Yang nantinya bisa dibaca ketika aku sudah tua, atau dibaca oleh anak dan cucu. Makin terpacu untuk menulis setelah kepergian papah, saat aku masih SMP. Karena saat itu masih rentan dan butuh tempat untuk mencurahkan isi hati. Jadi buku diary jadi tempat paling nyaman saat itu. 

Karena kepergian papah yang begitu cepat, saat itu ngerasa kurang punya kenangan yang bisa diinget dari sosok papah. Dari sini aku mikir kalau setelah kita ga ada, apa yang akan bersisa dari kita? Dari situ aku semakin memantapkan hati untuk menulis. Biar walau nanti raga sudah tidak nampak, tapi karya masih terpampang. Jadi anak cucu bisa tau, sosok Roswita Puji Lestari itu orangnya kayak apa sih?😁 Suka apa sih? Hobinya apa? Aku malah bikin podcast juga biar suara juga bisa di denger terus πŸ˜‚

 

Blog, kelas blog online, kelas online

 

 

Kalau  ditanya ngeblog dari tahun berapa , sebenernya aku udah mulai nulis di dunia maya dari SMP pake Friendster (sayangnya sekarang udah ga ada. Padahal waktu aku SMP ini seru banget. Adakah dulu yang punya aku friendster moms?πŸ˜†). Lalu sempet pindah ke multiply , tapi karena ga ngerti balik ke nulis di buku diary selama SMA. Kemudian aku mulai ngeblog lagi di tahun 2009. Tepatnya 26 Juni 2009, ini postingan blog pertamaku disini. Main-main ya moms πŸ˜‚. Aku suka ketawa-ketawa sendiri kalau baca tulisan aku pas zaman kuliahπŸ˜†. 

Jadi pas kuliah tingkat 1 aku mulai bikin blog, ketularan dari kakakku. Adapun flatform blog pertamaku, aku menggunakan blogspot. Dan dikarenakan kakakku juga, hingga akhirnya bisa gabung dengan komunitas blogger Bogor atau lebih dikenal dengan Bloggor. Disini aku banyak kenal dengan blogger senior yang baik-baik. Btw , itu desain bagian atas blog belajar otodidak loh pake corel draw pas zaman kuliah. Mungkin kalau diliat-liat biasa aja ya? Tapi buat aku yang belajar via tanya-tanya doang bangga dong! 😁 Haha.

 

Kelas blog online, kelas online
Blog Pertamaku, Jejak Perjuanganku

Lanjut dari blog pertama, Jejak Perjuanganku yang isinya cerita keseharian dari siswi sampe mahasiswi. Dan akupun mulai tertarik untuk upload karya-kayak fiksi aku, sebelumnya aku biasa nulis cerpen dan puisi di buku. Tapi kayaknya kalau punya blog khususnya karya fiksi seru deh. Akhirnya munculah blog lain untuk nampung karya-karya tulis aku kayak puisi atau cerpen atau cerbung.

Dunia Kacamata Weeta Disini aku nulis cerpen, puisi, cerbung misteri (ala-ala detektif, yang suka mampir deh, nanti aku pindah ahh ke roswitapl.com hehe). Sama ada kayak ngupas kasus-kasus misteri jadi udah beberapa bulan ini aku suka nonton youtube tentang misteri kayak nessie judge, nadia omara, hirotada, detektif aldo,  yuvi phan, dan hanifa. Nagih banget cerita true crime atau misteri unsolved yang mereka bawain. Nah aku sempet nulis tentang satu misteri unsolved disini, Dyatlov Pass, penasaran? Cuss aja ke blognya πŸ˜‰.


Kelas blog online, kelas online
Blog Keduaku, Dunia Kacamata Weeta


 



Sebenernya aku cukup sering ikut kelas online blog dari akhir tahun 2020 kemarin. Karena menurutku kalau menjadikan menulis adalah hobi nah salah satu penunjang hobinya adalah ikut pelatihan. Supaya bisa update terus tentang dunia blog, biar ga kudet. Nah tapi yang mau aku sharing kali ini adalah kelas blog online "Intermediate Blogging Class" dari The Jannah Institute. Kelas ini rangkaian dari Blogging Class-nya The Jannah Institute, yaitu Basic - Intermediate - Advance. Dengan mentor favorite aku mba Prita HW . 😍

 

kelas blog online, mentor prita hw,
Aku Ikut semuanya πŸ˜†

 

Awal tau kelas online blogging ini ketika aku di kelas Public Speaking For Moms yang juga diadakan oleh The Jannah Institute. Aku dulu belajar ngeblog otodidak modal nanya-nanya doang sama teteh (yang lebih dulu terjun ke dunia blogosphere) atau nanya sama Om Google. Jadi ngerasa banget perlu ikut kelas ini dari Basic untuk ngecek apakah ada ilmu yang ke-skip?

Dan ternyata....

BUANYAAAKKK!!! Hehe.πŸ˜‚

Mulai dari basic diajarin step-step pembuatan blog di platform blogspot, dan alasan kenapa harus upgrade ke dot com. Kalau dulu pas suami nanya ;

"Kenapa sih harus bikin domain .com ?"

Aku jawabnya ,"Ya biar keren aja!"πŸ˜‚

Setelah ini aku punya jawabannya. Memang nggak wajib kok, tapi ini merupakan salah satu step menjadi profesional blogger. Dan bismillah, aku udah laksanain 😊. Lanjut ke kelas Intermediate yang sedang aku jalanin sekarang. Belajar nulis sesuai SEO (Search Engine Optimizer). Belajar tools dari SEO on page (ada 10 langkah yang di ajarkan di kelas online ini.) dan SEO off page (ada 4 langkah), yang menurut aku penjelasannya sangat mudah dimengerti. Mengingat aku sering search di google dan ga ngerti-ngerti (Haha. Ini mah akunya aja yang lemot πŸ˜‚). Belajar cari dan pake keyword biar SEO friendly. Sekarang menanti jadwal kelas Advance, udah ga sabar nunggu ilmu baru πŸ˜†. 

Aku juga dapat insight baru tentang keyword utama dan keyword semantik. Selama ini aku nulis ya nulis aja. Yah kalau tulisan kita bisa lebih banyak di akses orang lain kenapa nggak? Yee kan? Dan walaupun ini pembelajaran jarak jauh, pelatihan online ini menurut aku lengkap banget kok. Mentornya access-able hehe, alias mudah di hubungi dan cepet responnya. Jadi kalau kita ada kendala bisa langsung tanya di grup pembelajarannya.

Untuk yang baru belajar ngeblog mulai dari cara bikin akunnya , kalian perlu banget ikut kelas blogging pelatihan online ini dari tahap Basic. Karena di kelas online Blogging tahap basic bener-bener di jabarin dari awal banget step-by-stepnya. Aku kayanya batch 3 nih. Saranku kalau batch berikutnya udah mulai iklan lagi (pantengin di instagram @pritahw atau @thejannah.ins) langsung cuss aja daftar moms. πŸ˜†

Ada satu quote mbak Prita HW yang cukup menohok saya :

Kelas online, blog, kelas blog

Yuk kita serius. Bismillah.... 



roswitapl.com, kelas blog online







Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Yuk Diskusi Disini...^^

Back to Top